Jumat, 02 November 2012



Tugas TIK Gue....!!!!
NAh, buat temen-temen yang punya tugas tik dari guru masing-masing,, kali aja ada yang sama soalnya dengan soal yang gue dikasi ma guru gue... Berhubung gue baik hati,,, Gue bagiin ma temen-temen komplit dengan jawaban gue... Kali aja bermanfaat.. Tapi,,,lebih atau pun kurangnya mohon dimaapin yah, kali aja kita beda persepsi jawaban, jadi silahkan koment aja jika ada yang ingin dikoreksi.. Gue kan juga manusia biasa, So the fault is usual in our life... Berikut soal yang gue dikasi + jawaban gue sendiri...!!!!!!! 

A.    SEJARAH INTERNET

1.      Sebutkan nama lembaga yang mengatur penomoran dan pengalamatan di internet! Lembaga yang mengatur penomoran dan mengalamatan di internet memiliki beberapa divisi seperti InterNIC, ApNIC, IDNIC, IANA (Internet Assigned Numbers Authority), dan lain-lain. Namun, pusat dari divisi-divisi ini adalah ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). 

2.      Mengapa alamat IP penting untuk dikelola secara terpusat? Karena IP memiliki jumlah yang terbatas,  sedangkan yang menggunakannya  sangatlah banyak dan  1 IP hanya boleh digunakan oleh 1 komputer atau 1 situs. Selain itu, IP harus dikelola secara terpusat agar tidak adanya IP conflik(IP yang sama). IP sama halnya dengan  alamat rumah. Jadi, kalau alamatnya sama maka data transfernya kemungkinan besar salah alamat. Di samping itu, jika IP tidak di kelola secara terpusat maka akan menyebabkan susahnya maintenen dan pengawasan dalam jaringan misalkan pembagian bandwidth, sharing data, printer dan lain lainnya.

3.      Terangkan teknologi jaringan komputer yang digunakan untuk membangun internet di Indonesia pertama kali! Teknologi jaringan komputer yang digunakan untuk membangun internet di Indonesia pertama kali, yaitu jaringan komputer dengan radio menggunakan teknologi radio paket. Pada tahun 1986, khususnya di Amatir Radio Club (ARC) ITB, dengan bermodalkan pesawat radio pemancar Single Side Band (SSB) Amatir Radio Kenwood TS430 milik Harya Sudirapratama (YC1HCE) dan komputer Apple II milik Onno W. Purbo (YC1DAV), belasan anak muda ITB seperti Harya Sudirapratama (YC1HCE), J. Tjandra Pramudito (YB3NR), dan Suryono Adisoemarta (N5SNN) berguru pada para senior amatir radio seperti Robby Soebiakto (YB1BG), almarhum Achmad Zaini (YB1HR), Yos (YB2SV) melalui band amatir radio 40 m atau 7 MHz. untuk  mendiskusikan pembangunan internet menggunakan teknik radio paket. Dengan menggabungkan teknologi paket radio dengan computer, pemakai computer dapat mengirimkan data teks menggunakan gelombang radio. Dengan menggunakan dua stasiun radio amatir milik ORARI di Jakarta, pengguna radio amatir mendirikan BBS (Bulletin Board System) radio paket amatir. Cara ini membantu mengembangkan komunikasi data dari komunikasi satu arah menjadi komunikasi dua arah. Kemudian pada awal tahun 1990-an, teknologi paket radio amatir mulai mempergunakan modem telepon, dan dalam perkembangan selanjutnya membentuk jaringan Radio Paket Amatir yang dikenal sebagai AMPRNet (Amateur Packet Radio Network), yang pada akhirnya mengarahkan komunitas penggunanya pada internet.

4.      Apa latar belakang para pembangun awal dari internet di Indonesia? Melalui internet, para pembangun awal internet banyak belajar secara mudah & murah langsung dari pakar-pakar ICT . Selain itu, Internet bukan sesuatu yang mahal kalau dilakukan secara kolektif, melihat keuntungan yang akan diperoleh sedemikian banyak dengan biaya yang sedemikian rendah, rasanya teknologi Internet merupakan alternatif yang HARUS dikembangkan kalau kita (Bangsa Indonesia) ingin maju & mampu berkompetisi.
5.      Apa domain yang digunakan di internet untuk mengenali Indonesia? Untuk mengenali suatu Negara di internet kita dapat melihat domain yang bersifat geografis, seperti .id yang menandakan situs Negara Indonesia. Namun, bukan berarti server atau pusat data yang digunakan harus berada di Negara Indonesia.

6.      Jelaskan pula sub-domain yang digunakan di bawah domain tersebut!
a. .co.id    = lembaga komersial Indonesia
b. .net.id   = Internet Service Provider/ISP
c. .ac.id    = universitas Indonesia
d. .sch.id  = sekolah Indonesia
e. .or.id    = lembaga non-komersial Indonesia
f. .web.id = situs pribadi
g. .go.id   = pemerintah Indonesia

7.      Jelaskan arti dari sebuah namawww.kompas.com atau www.detik.com !
www.kompas.com atau www.detik.comberarti kedua situs tersebut menghubungkan dokumen dalam lingkup local maupun jarak jauh dan menunjukkan bahwa kedua situs tersebut merupakan milik perusahaan komersial.

8.      Terangkan format atau cara penulisan alamat web! Protocol://domain/direktori/file.
Dimana,
Protokol  = menentukan cara komunikasi yang digunakan, misalnya http, https, ftp
Domain   = merupakan nama server/computer yang menyediakan layanan (www.ilmukomputer.com)
Direktori = folder tempat penyimpanan informasi, namun biasanya tidak harus ditulis (hardware)
File         = nama file yang disimpan, namun biasanya tidak harus ditulis (monitor)

9.      Lembaga mana yang mengoperasikan IPTEKNET? BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).

10.  Berapa kecepatan sambungan dari IPTEKNET ke Amerika Serikat di tahun 1994? 64 Kbps


B.     PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET

1.      Media apa saja yang biasa digunakan untuk menyambungkan sebuah komputer ke internet? modem, handphone, wireless.

2.      Alat apa yang memungkinkan banyak komputer dalam jaringan local dapat tersambung ke satu saluran komunikasi ke internet? Menggunakn modem ADSL atau Speedy, Menggunakan Wireless Internet, Menggunakan Satelit atau VSAT.

3.      Selain menggunakan wajan atau penggorengan, peralatan apalagi yang digunakan di Wajanbolic e-goen? USB WiFi, Pipa paralon(3 inci/9 cm), Alumunium foil(lakban alumunium) sebagai pelapis pipa(20 cm).

4.      Media komunikasi apa yang dapat digunakan untuk menyambungkan satu RW? Ethernet/kabel LAN(jarak dekat), Wireless wajanbolic e-goen(jarak jauh).

5.      Berapa kbps-kah 10 MBps? 80.000 Kbps.

6.      Mungkinkah kita membuat sebuah router dari sebuah komputer? Apa alternatif perangkat lunak yang dapat digunakan? Bisa, menggunakan perangkat lunak open source seperti IPCOP, Untagle, Smooth Wall, XORP, Quagga, dll.

7.      Berapa jumlah kabel dalam kabel ethernet atau kabel LAN? 8(delapan).

8.      Apa beda HotSpot dengan WiFi
      a. HotSpot : istilah yang digunakan bagi jaringan Internet berbasis WiFi di sebuah ruangan/daerah
                         tertentu.
b. WiFi     : hardware/teknologi untuk mengakses internet dengan menggunakan gelombang radio
                        berkecepatan tinggi yang biasanya terdapat pada laptop.

9.      Sebutkan dua (2) teknologi sambungan internet menggunakan handphone! Modem(GPRS/EDGE/3G/HSDPA) dan berupa USB port seperti flashdisk.

10.  Berikan perbandingan kecepatan modem dial-up, GPRS, 3G, WiFi, dan LAN!
     Dial-Up = 20-56 Kbps
     GPRS   = 56-144 Kbps
     3G        = 22-56 Mbps
     WiFi     = 11-100 Mbps (tergantung spesifikasi, frekuensi dan bandwidth)
     LAN     = 10 Mbps -1 Gbps (tergantung server).


C.     AKSES INTERNET

1.      Apakah fungsi utama sebuah Internet Service Provider? sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan kepada masyarakat untuk mengakses internet.

2.      Apa komponen utama sebuah Internet Service Provider? Server sebagai pusat data baik untuk mail, web, dan keperluan lainnya; router besar (kelas Cisco atau Juniper Network) yang akan mengatur komunikasi antara internet dengan pelanggan; serta dibantu dengan peralatan telekomunikasi untuk menyalurkan data.

3.      Sebutkan jenis media komunikasi yang sering digunakan oleh perorangan untuk tersambung ke ISP! Kabel telepon atau Wireless modem (3G untuk GSM dan EVDO untuk CDMA)

4.      Apa fungsi router di ISP? Untuk menghubungkan pelanggan ke koneksi internet khususnya bagi pengguna jaringan RT/RW-net.

5.      Apa yang perlu diperhatikan dalam menyambungkan modem telepon ke internet? Konfigurasi computer menggunakan modem telepon untuk akses internet, seperti: Mengaktifkan/mengizinkan hardware untuk melakukan koneksi ke internet; mengisi username, phone number/dial-up number,serta password. Misalkan menggunakan jasa telkomnet instant, maka untuk konfigurasinya adalah sebagai berikut. 
      * Username: telkomnet@instant
      * Phone number/dial-up number: 080989999
      * Password: Telkom

6.      Mungkinkah sebuah komputer di jaringan LAN tersambung ke internet tanpa perlu konfigurasi sama sekali? Mungkin. Tetapi, di server harus dikonfigurasi untuk mengaktifkan DHCP (Dynamic Host Configuration Protcol) agar computer klien akan terisi secara otomatis alamat IP dan gateway-nya.
7.      Apa fungsi alamat IP? Untuk menunjukkan nama computer beserta jaringan tempat computer ini berada (dengan kata lain sebagai alamat/identitas dari computer tersebut) sehingga komunikasi antar computer dapat dilakukan untuk membangun jaringan computer local.

8.      Berapa jarak jangkauan peralatan Wireless di RT/RW-net? Jangkauan wireless dapat mencapai 2-4 km

9.      Perlukah kita menggunakan peralatan Wireless Internet untuk menyambungkan peralatan komputer di RT/RW-net pada jarak 50 meter? Tergantung keinginan masing-masing. Jika kita ingin yang praktis, bisa menggunakan wireless. Tetapi, jika ingin lebih stabil bisa memakai jaringan LAN dengan menggunakan kabel UTP untuk jarak kurang dari 500 m – 1 km.

10.  Perlukah router di jaringan RT/RW-net? Perlu. Kegunaan router ini di jaringan RT/RW-net yaitu untuk menghubungkan jaringan tersebut ke internet. Tanpa adanya router, maka sharing koneksi akan sulit dilakukan.

 That's all tentang soal-soal yang gue dikasi ma guru gue... Semoga dapat menjadi bacaan yang bermanfaat buat temen-temen yang punya tugas yang sama ataupun ga punya tugas...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar